Mbah Gangsar ' Gresik '

Gangsar ,dalam bahasa indonesia bisa diartikan sebagai ,mengalir ,lancar ,rutin .Dan biasanya kata gangsar ini bersangkutan dengan rezeki seseorang .Tapi untuk kali ini saya akan sedikit bercerita tentang sesosok orang yang bernama Mbah Gangsar .

Siapakah Beliau ??

Di sebuah desa ,tepatnya di desa Roomo ,Kecamatan Manyar ,Kabupaten Gresik ini ,terdapat sebuah Makam tua yang sering dikunjungi penduduk dari daerah gresik sekitarnya pada jum'at wage .Tapi nampaknya untuk warga desa Roomo sendiri sudah jarang yang sering berziarah disana .

Makam ini terletak tepat ditepi selatan jalan raya umum . Makam ini masih tetap di rawat dan terpelihara dengan baik oleh juru kuncinya dari salah satu warga setempat .Menurut cerita warga setempat, makam ini dulu berada di utara jalan raya ,karena ada pembuatan jalan raya oleh Herman William Daendels, sekitar tahun 1808, maka makam ini di pindahkan ke selatan jalan agar tak merintangi jalan raya yang akan di buat oleh Daendels tersebut. Pada evakuasi jenazahnya ternyata mereka melihat kalau jasad ini masih segar dan utuh layaknya baru di makamkan. Tentu saja muncul banyak spekulasi masyarakat bahwa jenazah tersebut tentu orang yang keramat, sebab jasadnya utuh.

Mbah Gangsar adalah pedagang gramen atau pedagang aneka barang keliling. Saat berdagang, sesampainya di desa Roomo ia di rampok dan terjadilah duel yang tak berkesudahan saking digjayanya mereka. Dalam kepayahan tersebut, mbah Gangsar menawarkan diri apa yang diinginkan perampok itu, nyawanya ataukah hartanya. Perampok itu menginginkan dua-duanya, yaitu nyawa dan hartanya. Mbah Gangsar akhirnya kasihan terhadap rampok itu dan menunjukkan titik kelemahan dari kesaktian yang di milikinya yaitu bilamana ubun-ubun kepalanya dipukul maka matilah dia. Perampok itu ingin mencoba apa benar yang dikatakannya. Dan memang benar bahwa dengan sekali pukul mbah Gangsar telah roboh dan tewas. Perampok itu lalu bingung dan menyesali perbuatannya. Tewasnya mbah Gangsar di desa Roomo tak banyak warga yang tahu profil dirinya, baru kemudian pada saat banyak orang yang berkerumun tiba-tiba ada orang yang kebetulan lewat dan mengenali bahwa yang tewas itu adalah tetangganya di desa Kramat ,Gresik

Kabar kematian Mbah Gangsar ini kemudian tersiar kemana-mana. Sejak saat itu banyak orang yang menziarahi makamnya khususnya pada hari jum’at wage. Mereka datang untuk berziarah dan berdoa kepada Allah dan bertawasul dengan pribadi mbah gangsar agar Allah berkenan menjadikan keluarga mereka orang-orang yang gangsar yang berarti lekas bisa faham ilmu, cerdas, dan selalu sukses/lancar rezekinya. Selain itu mereka datang berziarah dengan maksud untuk mendoakan yang di makamkan di situ, mendoakan kaum muslim lain yang meninggal dunia.

Semoga seiring berjalanya waktu ,para peziarah masih bisa memahami maksud dan tujuanya kesana agar tidak terjadi musyrik terhadap kaum muslimin .Karena bagaimanapun juga makam mbah Gangsar termasuk salah satu makam yang bersejarah di desa Roomo yang perlu kita jaga sebagai salah satu asset sejarah yang masih tersisa di desa Roomo.

Posting Lebih Baru Posting Lama

Populer



Text Backlink Exchanges




Copyright 2011-2012 by Sebuah Nama Sebuah Cerita All Rights Reserved