Kekuatan Shalawat

Saya tinggal disebuah daerah di jawa timur ,dan saya menyadari ada sebuah tradisi yang cukup unik disini seperti sebuah bacaan shalawat .Dan jika ada seseorang yang menyerukan shalawat tersebut ,semua yang berada disekelilingnya pasti segera menjawab ,tidak peduli siapakah dia ,apa derajatnya .Dan siapapun boleh mengucapkan kalimat tersebut .

Alllahumma shalli ala Muhammad,
allahumma shalli alaih….

Kaliamat tersebut adalah kalimat shalawat nabi.

Nabi Muhammad SAW. Bila manusia sekelas sunan saja sudah diagungkan sedemikian rupa bagaimana dengan beliau .Pada dasarnya salawat adalah sebuah bentuk penghormatan pada orang yang menyampaikanya . Namun penghormatan itu tidak diiringi dengan men-Tuhan-kan orang tersebut tapi menjawab shalawatnya adalah sunnah hukumnya. Dan ketika kita melakukannya akan mendapat pahala.

Setiap orang mengatakan  : Allahumma shalli ala Muhammad. Disunnahkan dijawab oleh yang mendengarnya dengan jawaban " Allahumma shalli alaih ". Artinya kurang lebih.. Ya allah shalawat atas Muhammad .Dan jawabannya artinya " shalawat atas keluarganya ".

Tempo hari saya pernah menanyakan hal tersebut pada seorang ustadz ,apa fungsi dari shalawat tersebut dan beliau menjawab :

 1.    Untuk bekal selama perjalanan
 2.    sebagai pengisi jeda antara azan dan iqamat
 3.    Penanda untuk shalat tarawih
 4.    Untuk membubarkan pengajian
 5.    Dan biasanya untuk penanda sesudah bacaan " laqod jaakum " .ketika sebuah pengajian akan berdiri membaca shalawat nabi dan biasanya disertai terbangan


Posting Lebih Baru Posting Lama

Populer

Kabar Terkini

Loading...




Copyright 2011-2012 by Sebuah Nama Sebuah Cerita All Rights Reserved