Otak - Otak Bandeng ' Gresik '

Kalau kita berbicara masalah kota Gresik ,pasti kita tidak akan asing lagi dengan yang namanya otak-otak .Jangan kaget dengan namanya ,karena pada dasarnya makanan ini terbuat dari bandeng yang diracik sedemikian rupa hingga duri-durinya menjadi lembut bahkan hilang ,bukan makanan ini terbuat dari otak .Dan ini salah satu makanan kebanggaan kota Gresik yang bisa dijumpai di kota-kota besar seperti jakarta .

Cara membuat Otak-Otak Bandeng tidaklah sulit. Bandeng mentah dikeluarkan daging, tulang dan durinya. Lalu dicampur bumbu, mirip dengan bumbu lodeh yang pedas. Kemudian daging dimasukkan ke dalam tubuh bandeng yang kosong tadi dengan dibentuk kembali seperti bandeng mentah semula kemudian ada yang dibakar dan ada yang dikukus .

Pada tahap ini, membakar bandeng otak-otak, membutuhkan keterampilan tersendiri. Pasalnya, jika terlalu matang atau masih mentah, akan mengurangi bahkan menghilangkan rasa Otak-Otak Bandeng yang sebenarnya .Salah satu Otak-Otak Bandeng paling terkenal di Gresik adalah Otak-Otak Bandeng ibu muzanah warga kroman gresik .

Satu ekor ikan bandeng otak-otak, dijual seharga 40 Ribu Rupiah. Sementara, harga ikan bandeng mentah saat ini, mencapai 15 Ribu Rupiah perkilonya, dengan isi 2 ekor ikan bandeng .Saat arus mudik dan balik tiba merupakan berkah bagi para pengusaha Otak-Otak Bandeng, di sentra perajin, di jalan sindujoyo, kelurahan kroman, kecamatan kota Gresik. Otak-Otak Bandeng menjadi pilihan warga saat mudik, karena rasanya khas yakni pedas dan manis.

Otak-Otak Bandeng khas Gresik bukanlah otak-otak seperti yang di kenal di jakarta atau palembang. Otak-Otak Bandeng Gresik, lebih mirip sate bandeng serang banten dengan rasanya yang khas, yakni asem pedas. Apalagi, hidangan tradisional berasa pedas dan manis ini, banyak disuka warga, karena seluruh duri ikan telah dibersihkan, sehingga tidak perlu khawatir tertusuk duri, saat mengkonsumsinya .


Posting Lebih Baru Posting Lama

Populer



Text Backlink Exchanges




Copyright 2011-2012 by Sebuah Nama Sebuah Cerita All Rights Reserved