Shalat Dhuha

Shalat Dhuha adalah shalat sunnah yang dilakukan pada waktu dhuha .ketika matahari mulai naik ,sekitar pukul 07.00 sampai waktu dhuhur tiba sekitar pukul 12.00 .Jumlah rakaat shalat dhuha yaitu minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat ,dan dilakukan dengan cara mengucap salam setiap 2 rakaat sekali .
Shalat dhuha ini sendiri merupakan shalat sunnah yang dianjurkan nabi muhammad saw .Berikut adalah salah satu hadist dari beliau :


Sedekah bagi seluruh persendian tubuh manusia :
Di setiap sendiri dari kamu adalah sedekah ,setiap tasbih adalah sedekah ,setiap tahlil adalah sedekah ,setiap takbir adalah sedekah ,menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah ,mencegah dari kemungkaran adalah sedekah ,dan 2 ( dua ) rakaat dhuha diberi pahala .

Ghanimah ( keuntungan ) yang besar :
Dari Abdullah bin amr bin ash radhiyallahu anh berkta ,Rasulullah saw mengirim pasukan perang sambil berkata " perolehlah keuntungan dan cepatlah kembali ".
Mereka akhirnya saling berbincang - bincang tentang jauh dekatnya tujuan berperang dan ,benyaknya keuntungan yang akan diperoleh dan cepat kembali .
Lalu rasulullah berkata " mau kah kalian aku tunjukan tujuan yang lebih dekat dari mereka ( musuh yang akan diperangi ) ,paling banyak keuntunganya dan cepat kembali ..
Rasulullah berkata lagi "barang siapa yang berwudhu dan kemudian masuk ke masjid untuk melaksanakan shalat dhuha,dialah yang paling dekat tujuanya ,lebih banyak ghanima nya dan lebih cepat kembalinya "

Sebuah rumah di surga :
Barang siapa yg shalat dhuha sebanyak 4 rakaat dan 4 rakaat sebelumnya ,maka dia akan dibangunkan rumah di surga

Mendapatkan ampunan dosa :
Siapa pun yg melakukan shalat dhuha dengan tulus maka dia akan diampuni dosa nya oleh Allah meskipun dosa nya itu sebanyak buih di laut .

Niat Shalat Dhuha Dan Tata Caranya
Ushalli sunnatadh-dhuha'a rak'ataini lillahi ta'ala
artinya : aku niat shalat dhuha 2 rakaat karena Allah ta'ala

-Membaca Al-Fatihah
-Membaca Salah satu surat Al-Quran
 Surat Asy-Syam
 Surat Al-Lail
 Surat Adh-Dhuha
 Surat Al-Kafirun
 (Dan boleh juga surat yg lainya)

-Ruku' dan membaca tabih 3x
-I'tidal
-Sujud pertama dan membaca tasbih 3x
-Duduk diantara 2 sujud
-Sujud kedua dan membaca tasbih 3x
-Salam

Dan jika kita ingin shalat dhuha sebanyak 4 rakaat atau 12 ,maka kita ulangi lagi dengan 2 rakaat salam.

Doa Setelah Shalat Dhuha
Allahumma innadh dhuha'a dhuhaauka ,wal jamaala jamaaluka ,wal qudrota qudrotuka ,wal ishmata ishmatuka ,inn kaana rizqi fil ardhi fa akhrijhu ,wa in kaana fissamaa'i fa anzilhu ,wa in kaan harraman fatahhirhu ,bi haqqi dhuhaaika wa jamaalika wa qudratika ,Ya Allah . .

artinya : Ya Allah sesunguhnya masa pagi ini adalah masa mu ,keindahan ini adalah keindahanmu ,kenyamanan ini adalah kenyamananmu ,seandainya rizki ku tersembunyi didalam bumi maka keluarkanlah ,jika di langit maka turunkanlah ,jika haram maka bersikanlah ,berkat kesejatian masa pagi mu ,keindahanmu dan kekuasaanmu Ya Allah . .

Posting Lebih Baru Posting Lama

Populer



Text Backlink Exchanges




Copyright 2011-2012 by Sebuah Nama Sebuah Cerita All Rights Reserved